Minggu, 24 Agustus 2014

UPACARA ADAT SEREN TAUN CIPTAGELAR



SEREN TAUN CIPTAGELAR 


Bagi masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar padi bukanlah sekedar bahan pangan biasa. Tetapi padi merupakan simbol kehidupan. Padi merupakan karunia Sang Maha Pencipta yang begitu diagungkan. Bukan tanpa alasan jika masyarakat adat Kasepuhan Ciptagelar, dusun Sukamulya, desa Sirnaresmi, kecamatan Cisolok, kabupaten Sukabumi rutin mengadakan upacara adat Seren Taun.
 

Upacara ritual Seren Taun merupakan pesta rakyat yang sudah menjadi tradisi masyarakat Sunda agraris yang dilakukan setelah selesai panen padi di ladang atau sawah. Upacara ini digelar sebagai bentuk rasa syukur atas segala berkah yang telah diterima, serta diiringi permohonan demi hasil panen yang lebih melimpah di kemudian hari.


Pesta rakyat yang menggelar berbagai aneka budaya tradisional ini biasa dilaksanakan setiap tahun sehabis masa panen. Beberapa kesenian kerap ditampilkan, diantaranya dogdoglojor, seni rengkong, lais, serta debus. Tidak hanya warga Cipta Gelar, warga luar pun turut antusias merayakan upacara adat ini hingga larut dalam rasa syukur yang tiada tara.


PHOTOSSPEAK//M. RIZKI SATIA


 NANGGUNG PARE

 NYIMPEN PARE


MENARI


SESEPUH KAMPUNG


HASIL PANEN



 NYIMPEN KA LEUIT




1 komentar:

  1. berita tentang Serentaun ke 646 nya betul tentang kami (Kasepuhan Ciptagelar), tetapi nampaknya photo nya diambil dari serentaunnya Kasepuhan Ciptamulya . mohon diralat !

    ***Yoyoyogasmana ( Kasepuhan Ciptagelar )

    BalasHapus